Sabtu, Oktober 15, 2011

Macam-macam Software Database

Sebagaimana kita telah ketahui tentang database dan fungsi database, yaitu sekumpulan informasi yang disimpan secara sistematik yang dan hanya bisa dibuka oleh beberapa software tertentu,,,
dan pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan kepada anda beberapa software untuk membuat database dan yaitu sebagai berikut :


  1. Microsoft Access
    Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.
    Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
     
  2. Ms SQL Server
    Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.
    Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering. Pada versi sebelumnya, MS SQL Server 2000 terserang oleh cacing komputer SQL Slammer yang mengakibatkan kelambatan akses Internet pada tanggal 25 Januari 2003.
     
  3. Oracle
    Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
    Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.
     
  4. MySql
    MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
    Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.
     
  5. Postgre SQL
    Postgre SQL merupakan tool untuk membuat database server yang bersifat open source yang memiliki licensi GPL (General Public License). Postgre SQL mendukung bahasa pemrograman seperti : SQL, C, C++, Java, PHP dan lainnya. Dengan lisensi GPL, PostgreSQL dapat digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan oleh setiap orang tanpa perlu membayar lisensi (free of charge) baik untuk keperluan pribadi, pendidikan maupun komersil. Kebanyakan PostgreSQL tersedia untuk pengguna Linux
  6. Firebird
    Firebird (juga disebut FirebirdSQL) adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland. Modul-modul kode baru ditambahkan pada Firebird dan berlisensi di bawah Initial Developer’s Public License (IDPL), sementara modul-modul aslinya dirilis oleh Inprise berlisensi di bawah InterBase Public License 1.0. Kedua lisensi tersebut merupakan versi modifikasi dari Mozilla Public License 1.1. Selain dari software-software diatas, masih banyak lagi softwarenya seperti dBase, syBase, Informix, FoxPro, DB2, dll (dan lupa lagi, bukan dan lain-lain,hehehe) 
http://terusbelajar.wordpress.com/2009/03/22/software-database/

15 komentar:

Rahmi Imanda mengatakan...

artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'database' silahkan buka link ini
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2350/1/02-02-005-Database%5BAgung%5D.pdf
semoga bermanfaat ya

Muhammad Badriansyah Putra mengatakan...

thank gan, sangat berguna,
tpi sya msih mmbutuhkan lebih bnyak software untuk database???

Tutarni mengatakan...

Terima kasih atas postingan yang bermanfaat, mudah2an bisa diterapkan untuk membuat Aplikasi Belajar Visual Basic

Unknown mengatakan...

terima kasih atas pemberitahuan aplikasinya.....

Rico Stiawan mengatakan...

Thx bgt nih gan inponya

Kissnawitch mengatakan...

berguna banget kak

Anonim mengatakan...

terima kasih atas infonya

Anonim mengatakan...

terima kasih atas infonya

Manajemen TheCash mengatakan...

terima kasih gan, salam sukses

Aplikasi Akuntansi

Maajid Jati mengatakan...

menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik, terutama dibagian spesifikasi aplikasinya apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Teknologi dan Informasi silahkan kunjungi website di bawah ini
https://www.ugbemfikti.org/

Muhamadfirdaus mengatakan...

Mantapp

My blog

Unknown mengatakan...


bagus sekali lanjutkan dan kunjungi
http://blog.binadarma.ac.id/novrihadinata

Aditya Ramadhan mengatakan...

Terimakasih kak atas informasinya... software database yang saya tahu diatas cuman mysql dan access. Artikelnya menambah pengetahuan saya

Jangan lupa kunjugi blog saya ya ^-^ di
http://adityaramadhan74.blogspot.com

Dan juga
http://www.atmaluhur.ac.id/

Rahmat mengatakan...

Thanks bro

MetroLagu

Unknown mengatakan...

Makasih infonya...bermanfaat untuk menambah ilmu gan

http://www.atmaluhur.ac.id

https://kawakenakeruce.mahasiswa.atmauhur.ac.id

Posting Komentar