Rabu, Januari 04, 2012

Cara Sederhana Melatih Berpikir Kreatif

Kreatif” hanyalah sebuah kata pendek dan sederhana. Namun, berkat pemikiran kreatif, kesuksesan besar, semisal kemajuan teknologi, industri, dan bidang lain, terjadi. 
Definisi Kreativitas secara keseluruhan “ Kemampuan seseorang untuk Melahirkan sesuatu yang baru baik gagasan maupun karya nyata yang berbentuk aptitude maupun non aptitude baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan halhal yang sudah ada yang semuanya berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya




Tidak berlebihan bila dikatakan, berpikir kreatif merupakan kunci keberhasilan.
Lalu, bagaimana cara untuk bisa berpikir kreatif?

Berikut ini cara yang dapat anda coba untuk melatih otak anda menjadi kreatif:

1. Berpikir bahwa semua bisa dilakukan

Yakinlah, sesuatu yang akan kita kerjakan mampu kita selesaikan. Artinya, harus optimis. Buang ungkapan bernada pesimis. Misal, ”Saya mungkin bisa mengerjakan”. Ganti dengan ungkapan penuh optimisme. Contoh, ”Saya pasti bisa mengerjakannya”, ”Bagi saya tidak ada kata menyerah!”.

Pernyataan optimis melatih kita berani masuk ke persoalan. Pola pikir pun berkembang, karena dipaksa memeras otak untuk mewujudkan tekad itu.

2. Hilangkan cara berpikir konservatif

Pola berpikir konservatif ditandai dengan kekhawatiran untuk menerima perubahan, meski perubahan itu menguntungkan. Karena ingin mempertahankan gaya konservatif, perubahan ditanggapi secara dingin, bahkan dipersepsikan sebagai ancaman. Karena merasa nyaman atau diuntungkan dengan cara konservatif, ketika dituntut untuk mengubah pola pikir, kita takut akan mengalami kerugian.

Hendaknya disadari, cara berpikir konservatif memasung pemikiran kreatif karena pikiran dibekukan oleh sesuatu yang statis. Padahal dalam berpikir kreatif unsur statis semestinya dihilangkan. Mulailah berpikir dinamis, dengan terus mengolah pemikiran untuk menemukan pola pikir efektif.

Ada tiga cara mengurangi atau menghilangkan pola berpikir konservatif. 

3. Pertama, terbuka terhadap masukan. Masukan adalah bahan mentah sangat berharga. Lalu, kita mengolahnya menjadi “barang jadi” lewat pemikiran kreatif. Jadi, jangan takut dengan ide, usulan, bahkan kritik. Karena semua itu merangsang kita berpikir kreatif.

4. Kedua, mencoba pekerjaan atau hal di luar bidang kita. Untuk ”memperkaya” diri, pola pikir juga perlu menghadapi sesuatu yang berbeda dari biasanya.

5. Ketiga, harus proaktif. Kita dituntut ”menjemput bola” dalam menghadapi sesuatu, dan bukan ”menunggu bola”. Bertindak proaktif berarti membuat diri bebas memilih tindakan, tentu berdasarkan perhitungan matang. Ini bisa terjadi kalau kita mempunyai kreativitas berpikir.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

visiting :)

CORA DUKE'S SNAPSHOT'S mengatakan...

visiting here :-)

Pecinta mengatakan...

bagus artikelnya gan saya sangat suka,baca -baca sekalian berkunjung lama2 ya,,,,thanks

Rizki Ananda mengatakan...

terima kasih buat komentarnya dan senang bisa berbagi untuk anda :)

Afif mengatakan...

wah, berguna sekali om infonya.. izin copy ya buat sharing :)
makasih :)

Sam D. mengatakan...

Thanks for visiting! Enjoy the rest of the weekend and keep in touch :-)

Rizki Ananda mengatakan...

@alif=oke sob, tapi jangan lupa masukkan link yah :D

terima kasih atas kunjungannya :)

Unknown mengatakan...

mantappp gan,,,,thakns

Blogger mengatakan...

In this manner my friend Wesley Virgin's autobiography starts with this shocking and controversial video.

As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he unveiled hidden, "mind control" secrets that the government and others used to obtain anything they want.

As it turns out, these are the exact same secrets tons of celebrities (notably those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become wealthy and famous.

You've heard that you only use 10% of your brain.

Mostly, that's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

Perhaps that conversation has even occurred INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years back, while driving an unregistered, beat-up garbage bucket of a car without a driver's license and $3.20 in his bank account.

"I'm absolutely frustrated with living paycheck to paycheck! When will I get my big break?"

You've been a part of those those types of questions, ain't it right?

Your success story is waiting to happen. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

Posting Komentar