Minggu, Agustus 01, 2010

Definisi Website



a.Pengertian Web
Web adalah sekumpulan halaman yang lebih dari satu dan dihubungkan melalui Pranala/Link dan memiliki komponen-komponen berupa gambar, teks, animasi, aplikasi, warna, dll.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hlaman yg mudah di cari, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

 

b. Macam-macam Website

1. Website Dinamis

Website dinamis adalah website yang konten/isinyanya selalu berubah – rubah/uptodate.contohnya adalah, Web berita (liputan 6, dll), Web perdagangan, Web blog, Situs social networking (faceboook, twitter), dll.
2. Web Statis
Website statis adalah website yang konten atau isinya tidak dapat di ubah-ubah, web jenis ini dibuat menggunakan teknologi HTML yang isinya tidak dapat dirubah kecuali dengan cara merubah langsung isinya dari file aslinya (*.html)

c. Sejarah Website
Penemu website adalah Sir Timothy John “ Tim ” Berners - Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempatnya bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN ( tempat dimana Tim bekerja ) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sebuah website dapat berisi hyperlink ( pranala ) yang menghubungkan ke website lain.
d. Kelebihan dan Kekurangan Web
Kelebihan dan Kekurangan dari Website Dinamis dan Website Statis:
Website Dinamis
Website Statis
Kelebihan
Kekurangan
Kelebihan
Kekurangan
Tampilannya menarik
Lebih kompleks, sehingga sulit dalam pencarian Search Engine
Tidak perlu keahlian pemrograman untuk membuat halaman statis
Tampilannya kurang menarik
Konten dan layout dapat berubah-ubah

Dapat dilihat langsung oleh web browser tanpa membutuhkan aplikasi server
Kontennya statis, tidak berubah-ubah
Menggunakan dynamic html (DHTML)

Lebih mudah untuk website development menggunakan bahasa pemograman HTML
Terbatas dalam interaksi dengan klien
Menggunakan pemrograman server untuk mengatur perubahan data


Tidak menggunakan database
Dapat menggunakan CMS untuk mengubah konten website



Konten halaman dan Layout halaman dibuat terpisah, sehingga loading halaman lebih cepat




e. Keuntungan Memiliki Sebuah Website
1. Jauh lebih murah dan jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan iklan cetak.
  • Internet sama sekali berbeda dengan iklan cetak dimana space nya sangat murah
  • Iklan Anda bisa diakses dalam periode yang lebih lama
  • Konten bisa diubah tanpa mengandalkan seseorang untuk melakukannya (jika menggunakan content management system)
  • Anda dapat meraih pemirsa lebih luas.
website  dapat mengenal lebih jauh potensi perusahaan Anda dan website dapat membuka jalur komunikasi dua arah antara customer dan sales person Anda.

2. Ekspansi Market
        Internet telah mengubah bisnis dalam hal batasan geografis. Dalam arti singkat anda dapat melakukan jual beli secara tidak langsung kepada client anda.


3. Diversifikasi Arus Pendapatan
        Trend yang tumbuh akhir-akhir ini adalah dimana bisnis memiliki fitur jasa layanan direktori. Dan di sini anda dapat menawarkan barang anda kepada customer dengan cepat dan tepat.

4. Mendapatkan informasi langsung ke website anda
            Tidak ada lagi customer pergi ketika jam operasi bisnis tutup, menempel pemberitahuan tanda libur pada tanggal merah, atau menampilkan pesan pada telepon otomatis tentang jam operasional Anda. Beritahu mereka untuk kunjungi website Anda kapanpun untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

5. Menawarkan kenyamanan
           Pada saat perusahaan anda tutup, customer anda dapat langsung membuka situs perusahaan anda tanpa menunggu perusahaan anda di buka kembali, dan juga customer dapat membayar via website anda.

6. Nilai tambah dan Kepuasan
Website Anda dapat menambah nilai dengan cara menampilkan tips, saran dan konten umum yang bisa menghibur customer. Ini akan membantu agar mereka dapat mengingat bisnis Anda lebih baik dan akan menambah nilai tambah dan kepuasan customer.

7. Kinerja Penjualan yang Terstandarisasi
            Dengan melihat apa saja effort penjualan yang telah dilakukan pada masa lalu dan yang belum,  Anda dapat menghasilkan pitch yang tepat yang bisa digunakan pada website sehingga Anda bisa menggunakannya ke setiap customer.  Tidak perlu lagi training sales people dan menunggu mereka mendapatkan feel dari penjualan.

8. Meningkatkan Kredibilitas
            Internet juga dapat memberikan efek Viral Marketing dimana pengunjung website dapat menyebarkan secara positive word-of-mouth tentang Anda - Pelanggan melakukan marketing untuk bisnis Anda!
9. Mempromosikan Etalase Anda
           Anda dapat mengiklankan di dalam website untuk mengajak customer mengunjungi toko Anda (atau cabang terdekat). Juga, ketika pindah ke lokasi baru, Anda tidak perlu panik mengganti list di halaman kuning sebelum customer tahu Anda dimana sekarang. Website itu flexible. Anda dapat mengubah konten terserah yang Anda inginkan. Anda bisa mengubah contact detail saat itu juga dan mengurangi resiko kehilangan pelanggan ketika pindah ke lokasi baru.

10. Kesempatan Untuk Berkembang
            Website adalah tempat yang tepat sebagai referensi bagi infestor yang berminat dengan perusahaan anda,

11. Marketing Komunikasi Dua Arah
             Customer dapat secara cepat dan mudah memberikan umpan balik bagi produk  yang anda tawarkan.

12. Market Research Murah Meriah
             Anda dapat memberikan fitur pada website seperti polling, online survey dan website statistics untuk menggali apa yang lebih disukai customer dan bagaimana kesan mereka tentang aspek tertentu dari bisnis. Survey ini akan menentukan bagaimana Anda dapat mengetahui kualitas produk Anda dan cara Anda menjalakkan bisnis.
                     

0 komentar:

Posting Komentar