Sabtu, September 04, 2010

Sekilas Tentang Website

Website

     1. Link/Pranala
     2. Komponennya, berupa; gambar, teks,  animasi,   aplikasi, warna, video, dll.
     3. Statis dan Dinamis.
     4. Web browser.
     5. Informasi/komunikasi.



Jadi pengertian website diambil point-pointnya adalah sekumpulan halaman yang di hubungkan oleh link/pranala yang memiliki komponen-komponen berupa gambar, animasi, warna dll berisi informasi dan hanya dapat dibuka melalui web browser dan juga website memiliki 2 jenis yaitu web statis dan dinamis.



Mendesain Web

   A.   Menetapkan Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari publikasi situs web yang merupakan titik awal bagi setiap yang berkecampung dalam perencanaan perancngan sebuah situs web. Tujuan tersebut umumnya bergantung dari tipe situs web yang akan dibuat.

Jika anda mulai mendefinisikan tujuan, maka situa web anada akan memperlihatkan ln apa yang telah anda lakukan dalam mendesainnya. Akhirnya jika situs web anda dapat memperlihatkan tujuan anda, maka anda akan tetap mendapatkan pengunjung situs web anda.

Setiap situs akan mempunyai komersil, akan terlihat berbeda tampilannya terlihat lebih profesional dan mempunyai sebuah desain sistem navgasi yang berbeda. Produk-produk yang akan ditawarkan oleh sebuah situs web biasanya dapat menciptakan kretivitas dalam pembuatan situs web tersebut, semakin kompleks tujuan yang telah ada akan mempengaruhi sistem navigasi situs web dan mungkin juga mempengaruhi pemilihan program pembuatan situs web yang akan anda lakukan.




B.   Jenis-jenis Web


  1.   Web Statis, yaitu web yang isi/contentnya tetap atau tidak berubah, hanya dapat melihat informasi dan   Membaca informasi, dan juga malahan hanya bisa mengeblok/mengkopi artikel yang ada. Biasanya web statis ini berisi biodata, portofolio, dan kontak number sebuah instansi atau pribadi seseorang. Kegunaan web statis ini adalah untuk mempromosikan/memperkenalkan jasa atau lainnya dari sebuah perusahaan atau pribadi seseorang agar klien dapat mengetahui apa keunggulan dari apa yang dipromosikan. Contoh: www.orangedan.net, www.killerjo.net dan masih banyak lagi contoh lainnya. 2. 
  2.  Web Dinamis, yaitu web yang isi/contentnya berubah, web jenis ini biasanya dapat berinteraksi dengan kliennya, contohnya ketika kita akan melakukan komentar sebanyak 200 karakter padahal yang dibolehkan adalah 150 karakter maka web tersebut menuliskan pesan di layar bahwa komentar terlalu panjang. Begitu juga contoh lainnya yaitu ketika kita login ke facebook, dan kita salah memasukkan pasword atau alamat email maka server tersebut akan menampilkan pesan dilayar bahwa pasword/email yang anda ketik salah. Contoh situsnya adalah liputan6.com, okezone.com, facebok.com, blogspot.com dll


Macam-macam Website
  
  

1.     Google         : yaitu situs web sebaai search engine/mesin pencari.

 2.     Facebook    : yaitu situs web untuk jejaring sosial.

 3.   Yahoo          : yaitu situs web untuk membuat email dan sebagai search engine

  4.    Wikipedia    : yaitu situs web untuk mencaridan melihat info informasi dan juga sebagai penyedia ensiklopedi ilmu pengetahuan umum.

 5.   Liputan 6    : yaitu situs web untuk melihat informasi berita ter up to date dari luar negeri ataupun dalam negeri.

6.      You tube      : yaitu situs webuntuk melihat dan mendownload dan mencari video.

7.      Kaskus         : yaitu situs web untuk tempat forum diskusi dan media penerbit ikalan anda.

8.      SMK Labor  : yaitu situs web berupa perusahaan atau instansi pendidikan.

9.      4 shared       : yaitu situs web untuk mendownload dan juga web yang mengizinkan saling berbag  data antara klien dan server.

10.  Ilmu komputer : yaitu website referensi/rujukan untuk ilmu pengetahuan di bidang komputer.



Istilah penting pada website:



1.  1   Domnload/unduh: yaitu pengambilan data dari server ke klien, contohnya pada saat kita mendownload lagu, video, gambar dll

2.  2.    Upload/unggah: yaitu pengambilan data dari klien ke server, contohnya pada saat kita mengganti foto profil pada facebook dll.
.

0 komentar:

Posting Komentar