Kamis, Oktober 28, 2010

Cara Menguji Power Supply


Hai semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan memilih topik yaitu, “bagaimana caranya menguji power suply”,
Hmmm,,, sebelum kita membahas cara mengujinya mungkin lebih baik deh kalau kita mengenal  apa itu power suply?
Power suply adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi sebagai sumber arus listrik, yang menglirkan arus listrik dari kontak menuju power suply kemudian dari power suply arus listrik tersebut akan dialirkan ke komponen PC lainnya, seperti Motherboard, hard disk, dvd room, Floopy disk, and tentunya masih banyak lagi lainnya,,,,
Hmmm, dah pada ngertikan teman-teman sekalian? Paztinya ngerti dong, secara teman-teman kan pada pinter semua,,,!! Hehehe. . .
Oiya,,, kita langsung aja deh pada pokok pembahasan kita, “bagaimana cara menguji power suply?”. Berikut adalah cara mengujinya,,
Pertama, apakah kabel daya sudah terpasang ke listrik dengan baik ?, bila sudah selesai, apakah tegangan listrik yang dialirkan yang sudah sesuai dengan PSU ? perlu diingat bahwa sebaiknya misalkan power suply membutuhkan daya sebesar 20 v daya tersebut tidak boleh kurang ataupun juga berlebih bila seandainya itu terjadi power suply akan mudah rusak, bahkan lebih parah lagi komponen pc lainnya dapat rusak karena diberi daya yang terlalu berlebih ataupun kurang.
Bila seandainya power suply yang telah digunakan masih memiliki kendala berarti kita harus mengujinya secara manual, tutorialnya adalah sebagai berikut:
Pada kali ini kita akan menguji power suply jenis ATX, Pertama coba dilepas PSU/power suply dari Motherboard, kedua, perhatikan konektor ATX yang berjumlah 20 pin pada PSU, Kita cari pin yang bernomor 14 dan 15 dari konektor tersebut ( pin 14 warna kabelnya Hijau ) . Karena pin 14 merupakan PS ON bagi PSU berjenis ATX. Kemudian gabungkan kedua pin tersebut dengan menggunakan kawat atau yang sejenisnya. Jika PSU hidup , berarti Power supply kita tidak mengalami kerusakan. Berarti kerusakan bukan pada Power Supply Unit kita.
Dan sekian teman-teman semoga ilmu yang saya berikan dapat bermanfaat,,
Selamat Mencoba,,  
^_^ 

0 komentar:

Posting Komentar