Kamis, Oktober 28, 2010

Form factor Pada Hard Disk


Sebelum era PC dan komputer kecil, hard disk adalah dari dimensi yang bermacam-macam, biasanya dalam lemari berdiri bebas ukuran mesin cuci (misalnya DEC RP06 Disk Drive) atau dirancang sedemikian rupa sehingga dimensi memungkinkan penempatan di rak 19 "(misalnya Diablo Model 31). 
Dengan meningkatnya penjualan komputer kecil yang dibangun di drive floppy-disk (FDDs), HDD yang akan cocok dengan mounting FDD menjadi diinginkan, dan ini menyebabkan evolusi pasar terhadap drive dengan faktor-faktor Formulir tertentu, awalnya berasal dari ukuran 8-inch, 5.25-inch dan 3.5-inch floppy disk drive. ukuran lebih kecil dari 3,5 inci telah muncul sebagai populer di pasar dan / atau telah diputuskan oleh berbagai kelompok industri.
Form factor adalah bentuk/spesifikasi pada hard disk,
Form factor  hard disk yang telah digunakan adalah 5.25 inci. 3.5 inci. 2.5 inci, 1.8inci dan 1.0 inci

1.  Form factor 5.25" sudah nyaris musnah, dan tidak digunakan lagi saat ini.

2. Form factor 3.5" merupakan paling umum, mencakup hard disk SCSI (Small Computer System Interface, baca : scuzzy), SAS (Serial Attached SCSI), SATA (serial ATA, baik versi 1 atau versi 2) dan PATA (Paralel ATA). Hard disk 3.5" ini juga digunakan untuk external drive seperti WD MyBook, Seagate Free Agent Desktop

3. Form factor 2.5" (berupa PATA/IDE maupun SATA) form factor ini biasanya digunakan di komputer notebook dan sejenisnya. Salah satu fitur yang biasa untuk drive ini secara radikal konsumsi daya lebih rendah daripada yang ditemukan di drive yang lebih besar. Model ini juga yang digunakan pada external drive portable seperti yang dijual oleh para produsen, misalnya WD Passport, WD Elements, Seagate Free Agent Go dan Maxtor One Touch.

4. Form factor 1.8" (berupa PATA/IDE maupun micro SATA) banyak digunakan pada notebook dengan bentuk fisiknya yang kecil, misalnya Hp EliteBook. Belakangan hard disk jenis ini juga mulai beredar sebagai protable storage dan storage untuk device tertentu (iPod, Handycam dll).

5. Form factor 1.0" merupakan yang terjarang dalam dunia hard disk. Produsen yang paling banyak dikenal untuk jenis ini ialah Seagate dan Hitachi.

 Tabel berikut ini merupakan spesifikasi detail dari form factory HDD: 

0 komentar:

Posting Komentar