Selasa, Desember 21, 2010

Nenek Moyang T-Rex Ternyata Vegetarian

Selama ini, melalui film Jurassic Park, masyarakat mengenal Tyrannosaurus rex (T-Rex) sebagai dinosaurus buas pemakan daging (karnivora). Namun ternyata ilmuwan mengatakan hal yang sebaliknya.

Dilansir melalui LA Times, Selasa tanggal 21/12/2010, dua peneliti dari Field Museum Chicago mengatakan bahwa nenek moyang T-Rex, Velociraptor, sejatinya adalah pemakan tumbuh-tumbuhan alias herbivore, dan sangat kebalikan dengan T-Rex yak an teman-teman.

Velociraptor merupakan bagian dari kelompok dinosaurus berkaki dua yang dikenal dengan sebutan Theropod. Velociraptor diyakini sebagai nenek moyang dari T-Rex karena setelah diteliti memiliki bentuk yang kurang lebih sama dari pada t-rex.



Seiring dengan evolusi theropod selama puluhan juta tahun, beberapa jenis dari mereka bergeser jauh dari pola makan daging menjadi herbivora. Bahkan sebagian jenis theropod diindentifikasi sebagai pemakan segala, daging dan tumbuhan (omnivora).

Penelitian juga menunjukkan jika beberapa spesies theropod, velociraptor pemakan daging, sempat berpindah konsumsi makanan ke tumbuh-tumbuhan, lalu setelah jutaan tahun, kembali lagi memakan daging.

Kedua penelitu tersebut, Lindsay Zanno dan Peter Makovicky, telah mengunjungi koleksi fosil theropod di seluruh dunia, dan menemukan spesies theropod berbulu yang dikenal dengan coelurosaurs yang muncul 145 juta tahun lalu dan punah pada 65 juta tahun lalu, atau sebelumnya.

"Dari 90 spesies theropod, sekira 44 spesies menunjukkan bukti bahwa mereka adalah pemakan tumbuh-tumbuhan, dan sebagian adalah omnivora," ujar Zanno.

Penelitian membuktikan jika setelah perubahan lingkungan flora, fauna dan geografis selama jutaan tahun, theropod mengubah kebiasaan memburu binatang dengan pencarian tanaman untuk makanan mereka

0 komentar:

Posting Komentar