Jumat, Januari 14, 2011

Jenis Struktur Direktori Dari Linux

Sistem direktori pada Linux sangat berbeda dengan Windows dan cenderung terlihat lebih banyak dan membingungkan akan tetapiwalaupun begitu itu semua sangat membantu kita dalam hal penyimpanan data ataupun file system operasi yang kita gunakan, karena isi direktorinya hanya 1 macam saja dan tidak berbaur akan filenya. Dan kebalikan dengan Windows yang mencampurkan file systemnya dengan berbagai aplikasi yang di pakainya.
contohnya saja: direktori system32 pada widows yang mencampurkan file systemnya  dengan aplikasi yang sudah di instal.

1. /
Directory ini merupakan struktur tertinggi dari sistem. Semua yang ada dibawahnya berakar ke directory ini. Sebagai contoh ketika anda melihat penulisan “/home”, maka ini berarti “mulai dari / kemudian masuk ke directory home”.

2. /bin
Disini akan anda temukan utility standard Linux (program standard) seperti “ls”, “vi”, “more” dan sebagainya. Biasanya directory ini sudah dimasukan kedalam PATH system sehingga bisa dieksekusi dari directory manapun.

3. /etc
Directory ini berisi file konfigurasi sistem. Sebagai contoh, jika anda menginstall apache dan anda ingin melakukan perubahan konfigurasi pada file httpd.conf, file ini akan anda temukan di directory ini.


4. /boot
Merupakan direktori yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dan file-file yang berhubungan dengan proses booting


5. /usr
Merupakan direktory yang digunakan untuk penyimpanan konfiguasi aplikasi yang akan digunakan oleh user

6. /lib
Directory ini adalah tempat dimana biasanya sistem meletakkan file library, codec, dsb. yang diperlukan oleh suatu program atau compiler.

7. /opt
Directory ini merupakan opsional. Biasanya sangat berguna jika kita ingin meletakan program yang tidak memerlukan dependency dengan sistem kita. Misalnya jika anda mendownload eclipse, anda dapat meletakkan seluruh filenya pada directory ini karena eclipse tidak membutuhkan library lain untuk menjalankan programnya.

8. /home
Merupakan direktory user, di dalamnya terdapat konfigurasi – konfigurasi tentang user dan tempat meyimpan data untuk user, Document & Setting kalo di sistem operasi windows

9. /mnt
Digunakan untuk tempat mount point dari media seperti usb flashdisk, hardisk, CD/DVD Room , file sharing Dll.

10. /sbin
Merupakan Direktory yang digunakan untuk penyimpanan file binary (executable) yang mana hanya file tersebut hanya bisa di eksekusi oleh Administrator System yang mana di sebut root

11. /proc:
Merupakan direktory yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang proses system dan informasi tentang system

Screenshoot Sistem direktori pada Ubuntu :



Sekian postingak saya kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih :)

2 komentar:

Adis Production mengatakan...

nice info Mas bro.. menambah wawasan saya tentang Linux..

Rizki Ananda mengatakan...

yapz,, terima kasih sudah komentar,, :D

Posting Komentar