Senin, Januari 24, 2011

Ponsel Dapat Berakibat Tulang Menjadi Keropos

Siapa yang tak tahu dengan Ponsel, yang merupakan salah satu alat komunikasi jarak jauh yang sangat jauh yang menjadi pilihan utama semua orang di Dunia, Ponsel atau hanphone ini telah mengalami perkembangan dari tahun ketahun mulai dari layar hitam putih sampai pada sekarang dengan layar yang dapat disentuh/touchscreeen.

Tapi tahukah anda blogger sejati, bahwa sebenarnya penggunaan ponsel dalam jangka panjang dapat memicu pengurangan kepadatan tulang pinggu. Hal tersebut menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Turki. Para peneliti menggunakan sinar X rangkap dua untuk mengukur kepadatan tulang pinggul pada 150 pria yang meletakkan ponselnya di pinggang. seperti gambar dibawah ini ;


Pria tersebut rata-rata membawa ponsel pada pinggulnya 15 jam setiap hari dan telah menggunakan ponsel selam enam tahun. Dari hasil pemeriksaan sinar X dan penelitian lebih lanjut, kepadatan tulang pinggul pria tersebut berkurang karena ponsel.

Pengurangan kepadatan tulang tersebut memang tidak terlalu signifikan dan bisa dikategorikan dalam osteoporosis. Dr. Tolga Atay dan Suleyman Demirel, tim peneliti dari University di Isparta, Turki menegaskan bahwa  "Walaupun tidak signifikan tetapi, pria-pria tersebut yang rata-rata berusia 32 tahun, dalam beberapa tahun mendatang berisiko tinggi mengalami keropos tulang" 

Penelitian tersebut dipublikasikan pada Journal of Craniofacial Surgery, edisi bulan September. Penelitian menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik dari ponsel daapat  merusak dan mengurangi kekuatan dari tulang.

Tim peneliti mengharapkan para produsen ponsel bisa mengembangkan produk yang aman dan yang bisa mengurangi efek negatif dari ponsel bagi kepadatan tulang. Mereka juga menyarankan bagi para pengguna ponsel untuk menghindari paparan gelombang elektromagnetik dari ponsel sesekali.

Saat tidur usahakan untuk mematikan ponsel. Jika tidak mungkin dimatikan letakkan ponsel agak jauh dari tempat tidur sehingga bisa mengurangi dampak negatif dari dampaknya.

Sumber : http://zona-orang-gila.blogspot.com/2010/04/hati-hati-ponsel-bisa-bikin-tulang.html

0 komentar:

Posting Komentar