Jumat, Februari 18, 2011

Bahaya Dari Kebiasaan Mencabut Uban

Pada saat uban atau rambut putih muncul cenderung biasanya orang menjadi malu dan berusaha menghilangkannya dengan cara mencat rambutnya ataupun mencabutnya. Pada pembuktian sebelumnya uban atau rambut putih tidak hanya dapat tumbuh pada kalangan tua saja, akan tetapi dapat menyerang dikalangan muda, ini dikarenakan karena kebiasaan muda yang kurang tepat atau juga pola makan yang salah.

Nah bagi yang memiliki uban atau juga ingin menghindari akan tumbuhnya uban sebaiknya baca dulu deh, biat bisa berjaga-jaga, pertama saya akan menjelaskaan bagaimana sih datangnya uban tersebut yaitu sebagai berikut:

Setiap rambut memiliki akar yang berisi struktur seperti tas kecil atau disebut dengan folikel rambut. Folikel rambut ini mengandung melanosit yang menghasilkan pigmen melanin, yang bertanggung jawab sebagai pewarna rambut.

Seiring berjalannya waktu, sel-sel pigmen di dalam folikel rambut akan berkurang yang membuat rambut tidak lagi memiliki melanin yang banyak. Kondisi inilah yang mengubah warna rambut dari hitam menjadi abu-abu lalu menjadi putih.

Bagaimana bila uban dicabut?

Uban yang muncul sebaiknya memang tidak dicabut, karena bisa merusak folikel, saraf-saraf dan juga akar rambut. Jika akar rambut ini rusak nantinya dapat memicu terjadinya infeksi pada kulit kepala.

Selain itu kebiasaan mencabut uban juga bisa membuat rambut menjadi tipis yang menyebabkan rambut uban akan terlihat lebih banyak, meskipun sebenarnya jumlah uban yang muncul di rambut itu jumlahnya tetap.
Berikut ini merupakan kulit kepala yang terkena irirasi :



Sebagian besar orang akan menutupi ubannya dengan cara mengecat rambutnya. Jika demikian, usahakan untuk memilih pewarna rambut yang benar sehingga tidak merusak strukturnya atau pun akar rambut. Serta gunakanlah shampoo atau conditioner yang tepat sehingga kondisi rambut tetap terlihat sehat dan menghindari gangguan rambut lainnya.

Setiap orang sebenarnya memiliki waktu tersendiri untuk mendapatkan uban. Meskipun tidak ada yang dapat menghentikan uban, tapi beberapa kondisi bisa membuat uban tumbuh atau muncul lebih cepat seperti genetik, punya penyakit anemia, gangguan metabolisme, menopause dini dan juga merokok.

Nampaknya memang uban susah dicegah jadi hadapi saja sebagai pengingat usia bertambah dewasa. Pilihan untuk menutupi atau membiarkannya ada pada masing-masing orang tersebut. Mau dicat, atau pakai penutup kepala dapat menjadi solusi sementara.

Tips menghindari tumbuhnya uban :

1. Pola makan yang baik

Makanlah makanan yang kaya akan mineral seperti zat besi, natrium dan vitamin B dalam menu harian Anda. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga sangat bermanfaat, karena makanan tersebut kaya antioksidan, sehingga dapat membantu memerangi radikal bebas yang menyebabkan uban premature/dini.

2. Pijat rambut

Pijat rambut ini maksudnya melakukan pijat lembut disekitar rambut dan kulit kepala kita. dengan menngunakan minyak kelapa yang berkhasiat menjaga rambut panjang, hitam dan kuat. Anda juga dapat merebus daun kari dalam minyak kelapa dan memakainya untuk rambut. Memakai minyak dan campuran bubuk gooseberry kering adalah pengobatan yang efektif untuk memerangi uban.

3. Menggunakan pewarna rambut henna

Henna adalah pewarna rambut alami untuk rambut beruban karena membantu dalam menutupi uban dan mengembalikan warna rambut menjadi coklat gelap. Ini juga dapat menjadi solusi alami untuk uban.

Semoga dapat bermanfaat gan... ^_^

4 komentar:

Made Budi mengatakan...

Mantap gan artikelnya, like it. sekalian afternoon blog walking. dah tak follow back gan. Salam persahabatan gan

delaspekmoto mengatakan...

penting juga ni....agar orang tahu kesannya..... jgan lupa follow me back ya sobat

Aizamiah Ahmad mengatakan...

ia aku suka info dalam blog ni..tq well done

Adang Saputra mengatakan...

Terimakasih artikelnya sangat menarik dan jadi ilmu buat saya.

Poskan Komentar