Sabtu, Maret 19, 2011

Langkah-langkah Menginstal Linux Debian 5.04

Debian merupakan sebuah distro yang dikembangkan oleh linux, dan pada pada postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara atau langkah-langkah menginstal Linux Debian 5.04, berikut ini langkah-langkahnya ;


1. Pertama nyalakan komputer dan masukkan CD / DVD  installer Linux Debian 5.04.

2. Ubah first boot device pada BIOS menjadi CD-ROM.


3. Lalu kemudian tekan enter untuk masuk ke boot Debian.

4. Kemudian setelah masuk ke boot debian, langkah pertama adalah, memilih bahasa yang akan digunakan, kita pilih yang Indonesia, lalu tekan enter.

5. Selanjutnya akan muncul tampilan untuk memilih layout keyboard, lalu kita pilih yang Inggris Amerika, lalu tekan enter.

6. Setelah itu tunggu proses instalasi mencapai deteksi hardware untuk penggerak CD-ROM.

7. Selanjutnya muncul deteksi hardware jaringan, dan kita pilih tanpa kartu Ethernet, lalu tekan enter.

8. Setelah itu akan muncul mengkonfigurasi jaringan, lalu pilih teruskan,kemudian pilih untuk melanjutkan proses instalasi.

9. Setelah itu tugas kita mengisi nama host untuk sistem komputer kita, contohnya rizki, lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan. (perlu diingat bahwa awal huruf tidak boleh menggunakaan huruf besar).

10. Setelah itu tunggu proses memindai harddisk untuk memulai program pemartisi harddisk.

11. Selanjutnya akan muncul partisi harddisk, pada pilihan terpadu makasudnya kita akan menggunakan seluruh harddisk, tetapi saya sarankan akan lebih baik bila pempartisian ini anda atur manual, karena ini sangat menguntungkan kita karena kita bisa mengatur jumlah partisi dan juga besar partisi yang kita inginkan. Bila manual lalu tekan enter.

12. Pada membuat partisi secara manual ini, pertama anda harus menentukan untuk file system swap-nya ( perlu diingat bahwa swap ini jumlahnya 2 kali dari size RAM )

13. Kemudian anda menentukan untuk partisi systemnya, pada partisi ini berisi akan semua direktori dari linux dan juga tempat menyimpan data kita di folder home.

14. Setelah itu tugas kita yaitu untuk mengkonfigurasi zona waktunya,  pertama pilih zona waktu yang sesuai dengan zona waktu anda, yaitu Indonesia daan pilih Jakarta lalu tekan enter untuk melanjutkan.

15. Selanjutnya kita akan membuat password untuk root, lalu tekan enter untuk melanjutkan.

16. Selanjutnya tulis ulang kembali password yang barusan anda buat untuk mengkonfirmasi kebenaran password tersebut, lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan.

17. Setelah itu tulis nama lengkap dari pengguna, contohnya rizki lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan. (awal dari nama pengguna juga tidak boleh menggunakan huruf besar)

18. Selanjutnya tulis nama untuk akun dari user yang anda buat, contohnya rizki lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan.

19. Setelah itu masukan password untuk pengguna baru, lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan.

20. Lalu masukan kembali password untuk mengkonfrmasi kebenaran password, lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan.

21. Setelah itu tunggu proses memasang sistem dasar.
22. Setelah itu tunggu proses memilih dan memasang perangkat lunak.
23. Selanjutnya memilih perangkat lunak yang akan diinstall kita pilih teruskan, lalu enter untuk melanjutkan.

24. Selanjutnya memasang boot loader GRUB, kita pilih ya, lalu enter untuk melanjutkan. Guna memasang boot loader grub adalah bila seandainya kita memekai lebih dari 1 OS didalam komputer kita maka agar OS yang satunya lagi juga dapat dipakai maka harus dipakai boot loader.
25. Setelah itu instalasi selesai, kita pilih teruskan, lalu tekan enter untuk melanjutkan.
26. Setelah proses instalasi selesai, nanti akan muncul tampilan awal dimana kita dapat mengisi nama pengguna, da pasword yang kita buat senelumnya. Setelah itu  enter untuk melanjutkan.

27. Selanjutnya kita akan diminta untuk memasukan password, kita masukan password sesuai yang kita buat pada saat proses instalasi, lalu enter untuk melanjutkan.

28. Setelah proses instalasi yang begitu lama akhirnya instalasi Debian 5.04 selesai juga dan Debian anda siap digunakan, kemudian marilah bersama-sama kita mengucapkan alhamdulillah,,,

0 komentar:

Posting Komentar