Selasa, April 26, 2011

Tips Trik Mempercepat Pekerjaan di Excel 2003

Pada postingan saya kali ini saya akan memberikan beberapa tips menarik untuk anda, tentang bagaimana cara kita untuk mmpercepat sebuah pekerjaan anda didalam software spreadsheet terutama di excel 2003.
Berikut tutorialnya ;


1.    Membuat angka yang berurutan secara cepat
Caranya pertama,, membuat angka yg akan diurutkan 1,2 kemudian blog angka tersebut lalu drag ke bawah seyai urutan,, sampai pointer terbentuk seperti karakter + (plus), cara ini sangat efektif bila ingin membuat angka berurutan yg sangat banyak.
 Cara ini juga bisa kita urutkan sesuai kelipatannya, contoh 1,3 maka nanti bila di drag akan membuat kelipatan 2,, dst.

2.    Menyamakan beberapa Row dengan cepat dan dengan size yg sama.
Caranya yaitu memblok beberapa row, kemudian diantara row tersebut besarkan sizenya maka, pada row lainnya yg diblok akan secara otomatis menyamakan sizenya.

3.    Menyamakan beberapa Coloumn dengan cepat dan dengan size yang sama.
Cara ini juga tidak jauh beda dengan menyamakan row, yaitu kita akan memblok beberapa coloumn kemudian diantara coloumn tersebut  kita perbesar salah satu sizenya kemudian coloumn yg lainnya akan ikut diperbesar dengan size yg sama.

4.    Cara Menggunakan camera tools yang sangat berguna
Pada excel terdapat salah satu tool yang mungkin tidak semua orang yang mengetahui akan apa fungsi camera tools, fungsinya yaitu untuk memotret beberapa range dan kemudian menjadikannya gambar yg absolute, artinya bila range data yg kita buat tadi datanya diganti maka gambar dari camera tool tersebut akan juga berubah,,

Caranya sangat mudah yaitu pertama kita blok terlebih dahulu apa data range yg akan kita potret kemudian klik icon camera tool lalu atur dmana kita akan menaruh gambar tersebut.


Bila seanadainya tidak ada kita dapat memunculkan tool tersebut dengan klik kanan pada slah satu toolbar kemudian pilih costumize,, lalu pilih tools dan drag icon camera tools di toolbar.
 
5.    Menggunakan Format painter

Tool ini juga sangat berguna karena ini berfungsi untuk menyimpan format range yg kita blok kemudian menerapkan format range tersebut di range yang kita inginkan.
Caranya yaitu kita tinggal klik, icon fomat painter kemudian kita akan mencopy format dari yang kita inginkan lalu tinggal di terapkan di range yang kita blok.

4 komentar:

Lharaz Angel mengatakan...

Waduh, kebetulan saya engga bisa menjalankan program yang satu ini sob, saya harus banyak belajar. Thanks infonya ya :)
"Oia, Ngomong-ngomong ada yang mau tukeran link ga ?? Kalo ada silahkan pasang link http://www.healthgohealth.blogspot.com di blogroll sobat. Dan tinggalkan komentar di Health Go Health untuk konfirmasi pemasangan link, dan secepatnya saya akan pasang link sobat di blogroll saya. Terimakasih, salam hangat dan sukses selalu untuk anda :)"

adin mengatakan...

terima kasih,,,
ilmunya sangat bermanfaat sekali..:)
ditunggu updatetannya..
he...

Anonim mengatakan...

untuk dapat menerapkan cara-cara ini perlu latihan. terima kasih tutorialnya

Unknown mengatakan...

teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Master Technisian, master Animator, After Effect

Posting Komentar