Senin, Mei 16, 2011

Jenis Antarmuka Pada Hard Disk

Pada sebuah HDD (Hard Disk Drive) diperlukan sebuah interface/antarmuka agar data yang terdapat di dalam HDD tersebut dapat dibaca di tulis dan dieksekusi. Dan berikut ini saya akan memberikan informasi kepada anda apa-apa saja antarmuka HDD yang masih digunakan hingga saat ini,, ;


1.  IDE (Integrated Drive Electronics)
Merupakan interface controller drive pertama yang menghubungkan computer dengan HDD, IDE/ATA ini memiliki jumlah konektor sebanyak 40 pin male.

2.  EIDE (Enhanced Intergrated Drive Electronics)
Antarmuka jenis ini mendukung hard drive lebih besar dari 512 mb dan menggunakan kaki konektor berjumlah 40 pin male.

3.  PATA (Parralel ATA)
Merupakan jeis terbaru dari ATA controller drive.

4.  SATA, (Serial ATA)
Merupakan jenis antarmuka yang paling banyak digunakan pada setiap PC, karena selain karena dapat membaca harddisk dengan putaran kecepatan yang tinggi, tetapi juga dapat membaca harddisk dengan kapasitas yang cukup besar, SATA ini menggunakan 7 pin male.

5.  ESATA (External Serial ATA)
Merupakan jenis antarmuka yangbiasanya digunakan untuk computer server, karena pada antarmuka ini menyediakan hotswappable external untuk drive, dan memiliki konektor 7 pin. Dan kabelnya pun juga dapat mencapai 2 meter.

6.  SCSI (Small Computer System Interface)
Merupakan jenis antarmuk jenis terbaru, yang umumnya digunakan untuk server karena dapat membaca HDD berkecepatan tinggi dan juga dapat menghubungkan kedua drive internal dan external. Sebuah SCSI dapat memiliki 50,68 ataupun 80 pin konektor dan juga dapat menghubungkan hingga 15 drive.

0 komentar:

Posting Komentar