Sabtu, Juni 04, 2011

Langkah-langkah Menginstal Linux Ubuntu 11.04

Halo semua pengunjung myblogiky, Sehubungan dengan dirilisnya Ubuntu 11.04 (Natty Narwhall), pada postingan kali ini saya akan mempostingkan beberapa langkah sederhana dalam menginstall Ubuntu 11.04. Caranya gak terlalu rumit jadi di simak baik-baik yah friends,,



Seperti biasa, sebelum kita menginstal sesuatu terutama sistem operasi, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja spesifikasi minimum hardware yang harus dipenuhi, untuk informasi lebih lanjut tentang spesifikasi minimum hardware paada ubuntu klik disini
  1. Sediakan cd installer Ubuntu 11.04
  2. Saya sarankan minimal hardware adalah 1 gb RAM ruang diskspace 20 gb
  3. Nyalakan PC / Laptop Anda yang akan diinstal dengan Ubuntu 11.04, masukkan CD Installer Ubuntu 11.04 ke dalam CD/DVD ROM, dan pastikan first boot pada settingan BIOS adalahCD/DVD ROM.


  4. Tunggu proses booting yang berlangsung dari CD, hingga muncul tampilan seperti gambar di atas. Jika Anda ingin mencoba Desktop Ubuntu 11.04 klik tombol Try Ubuntu, karena kita ingin menginstal langsung, maka pilih / klik tombol Install Ubuntu.


  5. Preparing to install Ubuntu, Akan muncul informasi mengenai persiapan untuk menginstall Ubuntu, yaitu size harddisk untuk Ubuntu 11.04 paling sedikit berkapasitas 4,4 GB, terhubung ke tegangan listrik dan kalau bisa terhubung ke internet, tapi disini saya tidak terhubung ke internet. Klik tombolForward untuk melanjutkan.


  6. Allocate drive space, Untuk membuat partisi secara manual, pilih Something else, klik tombol Forward untuk melanjutkan.



  7. Allocate drive space, Klik tombol New Partition Table untuk membuat tabel partisi baru supaya bisa dibuat partisi di dalamnya.


  8. Allocate drive space, Akan muncul pesan konfirmasi apakah kita akan membuat tabel partisi atau tidak, klik tombol Continue untuk melanjutkan.


  9. Allocate drive space, Pilih / klik pada tulisan free space untuk membuat partisi pada space harddisk yang tersedia, kemudian klik tombol Add untuk membuat partisi baru.
  10. Allocate drive space, Partisi yang pertama kali dibuat adalah partisi swap, untuk membuat partisi swap, pada tipe partisi pilih Primary. masukkan besar size partisi yang akan dibuat, karena besar RAM yang Saya gunakan adalah 1 GB, maka besar partisi swap yang Saya buat adalah 2x lipat RAM atau 2048 MB / 2 GB. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, pilih swap area. Klik tombol OK.


  11.  Allocate drive space, Partisi swap telah dibuat, partisi selanjutnya yang akan dibuat adalah partisi / (baca :root). Seperti langkah sebelumnya, klik pada tulisan free space atau area size kosong pada harddsik, kemudian klik tombol Add untuk menambahkan partisi.


  12. Allocate drive space, Kemidian tugas kita yaitu intik membuat partisi data kita, kali ini saya akan menggunakan sisa dari hard disk yang ada yaitu 250 gb. pada tipe partisi pilih Primary dan masukkan besar size yang akan digunakan untuk partisi /, besar partisi yang Saya buat adalah sisa dari size Harddisk. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, pilih Ext 4 Journaling file system. Pada Mount point, pilih / Klik tombol OK.


  13. Allocate drive space, Partisi yang diperlukan sudah dibuat, kemudian klik tombol Install Now untuk melanjutkan ke langkah proses instalasi Ubuntu 11.04.
  14. Where are you?, Pilih area di mana Anda berada, karena Saya ada di Indonesia, maka Time zone yang Saya gunakan adalah Jakarta. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.


  15. Keyboard Layout, Pilih layout keyboard yang digunakan, keyboard yang biasa digunakan orang pada umumnya adalah keyboard QWERTY atau standar USA. Kemudian klik tombol Forwarduntuk melanjutkan.


  16. Who are you?, Langkah terakhir untuk proses setup instalasi Ubuntu 11.04 adalah membuat username untuk login di Ubuntu 11.04. Masukkan nama Anda, nama komputer Anda, usernamedan password. Kemudian klik tombol Forward untuk melanjutkan. User pertama yang anda buat akan ter set otomatis sebagai administrator dan juga root bila di via console.


  17. Proses Instalasi Ubuntu 11.04, Proses instalasi Ubuntu 11.04 lumayan memakan waktu yang cukup lama maka dari itu ber sabar yah,, 


  18. Completing Installation , Proses instalasi Ubuntu 11.04 sudah selesai, klik tombol Restart Now, untuk merestart komputer Anda.


  19. Login Ubuntu 11.04, Tampilan Login Ubuntu 11.04, masukkan password sesuai username yang telah dibuat sesuai langkah ke 14. Kemudian klik tombol Login.


  20. Dan demikianlah penginstalan Ubuntu 11.04, berikut Tampilan utama desktop Ubuntu 11.04 


Dan demikianlah langkah-langkah dalam menginstall Ubuntu 11.04, selamat mencoba dan semoga bermanfaat,,,
Jangan lupa komentar, saran dan kritik sobat ditunggu yah,,,


http://theo.isgreat.org/tutorial_linux_instalasi_ubuntu_1104.html

5 komentar:

iman lukmanul hakim mengatakan...

salam
terima kasih atas pencerahnya.
gimana kl Laptop sy yang jadul ini (nec versa l1101) yang memory-nya cuma 512 (pentium 4) ; berarti tidak bisa yah.
terima kasih

yasir joe mengatakan...

ahirnya soal mid selesai juga ............tanks ya

Unknown mengatakan...

Tanks atas bantuan ilmu....

Unknown mengatakan...

thanks gan tutorialnya membantu...
http://www.rajalistrik.com

Unknown mengatakan...

Trimakasi untuk lanka ini

Posting Komentar