Sabtu, September 24, 2011

Penerapan Prosedur Keselamatan Sehubungan dengan Instalasi Jaringan

Instalasi kabel jaringan, baik tembaga atau serat optic dapat berbahaya. Karena seringkali, kabel harus ditarik melalui langit-langit dan dinding di mana terdapat hambatan atau bahkan bahan tak terduga dan beracun. Maka anda harus mengenakan pakaian yang melindungi Anda dari bahan-bahan yang cukup berbahaya. Misalnya saja memakai celana panjang, kemeja lengan panjang, sepatu kokoh yang mencakup kaki Anda, dan sarung tangan. Dan yang paling penting adalah memakai kacamata keselamatan. Jika memungkinkan, meminta manajemen gedung atau seseorang yang bertanggung jawab membangun jika ada bahan berbahaya atau hambatan yang perlu Anda ketahui sebelum memasuki area langit-langit.

 


Prosedur keselamatan pada saat menggunakan tangga:
  1.  Baca label pada tangga dan ikuti petunjuk keselamatan apapun tertulis di atasnya.
  2. Jangan pernah berdiri di anak tangga puncak tangga. Anda dapat dengan mudah  kehilangan keseimbangan dan jatuh.
  3. Pastikan bahwa orang-orang di daerah yang tahu Anda akan bekerja di sana, agar mereka lebih waspada dengan anda yang sedang bekerja.
  4. Memagar betis daerah dengan kerucut hati-hati tape atau keselamatan.
  5. Bila Anda menggunakan tangga yang bersandar ke dinding, memiliki seseorang memegang tangga untuk tetap stabil.


Peralatan yang diperlukan untuk menginstal tembaga dan kabel serat optik mungkin berbahaya untuk digunakan. Maka berikut hal yang harus diikuti ketika bekerja dengan kabel:
  1. Pastikan bahwa alat yang Anda gunakan adalah dalam rangka kerja yang baik.
  2. Perhatikan apa yang Anda lakukan dan mengambil waktu Anda. Pastikan bahwa Anda tidak memotong diri sendiri atau tempat siapa pun dalam bahaya.
  3. Selalu memakai kacamata keselamatan ketika memotong, pengupasan, atau kabel penyambungan apapun. Fragmen kecil bisa melukai mata Anda.
  4. Pakailah sarung tangan bila memungkinkan dan pastikan untuk membuang limbah dengan benar pun.

0 komentar:

Posting Komentar