Sabtu, September 24, 2011

Prosedur Menginstal dan Menguji Jaringan


Setelah Anda menentukan topologi, dan pertimbangan lainnya seperti kabel switch dan perangkat jaringan lainnya, sekarang anda sudah siap untuk mengalokasikan perangkat jaringan dan instalasi jaringan, .Jika Anda akan menginstal kabel sendiri, semua bahan yang diperlukan harus tersedia, dan serta cetak biru dari topologi fisik jaringan yang akan digunakan.

 Langkah-langkah garis besar proses untuk menciptakan sebuah jaringan fisik:

 

    1 Untuk memasang kabel di langit-langit dan dinding belakang, Anda melakukan tarik kabel. Satu orang menarik kabel, dan di sisi lain kabel melalui dinding. Pastikan untuk memberikan label pada setiap ujung kabel.

    2. Setelah itu gunakan kabel tester untuk menguji dan memastikan tidak ada gangguan pada kabel jaringan dan juga memastikan kabel terhubung.

    3. Pastikan bahwa antarmuka jaringan terpasang dengan benar pada desktop, laptop, dan printer jaringan. Setelah antarmuka jaringan telah terinstal, mengkonfigurasi perangkat lunak klien dan informasi alamat IP pada semua perangkat.

    4. Instal switch dan router di lokasi. Anda mungkin perlu menginstal perangkat ini di lokasi yang terpisah, atau Anda mungkin hanya memiliki satu perangkat.

    5. Instal kabel Ethernet patch dari sambungan dinding untuk setiap perangkat jaringan. Periksa untuk melihat apakah Anda memiliki cahaya link pada semua interface jaringan dan pada setiap port perangkat jaringan yang terhubung ke perangkat.

    6. Ketika semua perangkat yang terhubung dan semua lampu link yang berfungsi, menguji jaringan untuk konektivitas. Gunakan ipconfig / perintah semua untuk melihat konfigurasi IP pada setiap workstation. Gunakan perintah ping untuk menguji konektivitas dasar. Anda harus bisa ping komputer lain pada jaringan, termasuk gateway default dan komputer remote. Setelah Anda telah mengkonfirmasi konektivitas dasar, Anda harus mengkonfigurasi dan menguji aplikasi jaringan, seperti e-mail dan browser Internet.

0 komentar:

Posting Komentar