Rabu, Oktober 05, 2011

Jenis Dan Tipe Yang Digunakan Pada Kabel UTP

Pada postingan sebelumnya kita sudah mengenal dengan kabel UTP (Unshielded Twister Pair) yang merupakan salah satu jenis kabel jaringan yang paling banya digunakan. Kabel UTP ini sebenarnya masih ada jenis dan tipenya lagi berikut penjelasannya,,,






1. Tipe Straight

Kabel straight adalah kabel yang sangat simpel karena untuk konfigurasi nya adalah tetap (susunan warna antara ujung satu dengan satunya lagu sama). Kabel ini digunakan untuk jaringan yang melewati hub atau antar komputer tidak terhubung langsung tapi melewati sebuah media. biasanya kabel ini digunakan untuk jaringan lokal dengan hub sebagai perantaranya.
Tipe ini adalah yang paling gampang dibuat karena langsung berkorespondensi Misal ujung pertama urutan pin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanya juga harus oranye muda, jadi antar ujung saling nyambung. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.

2. Tipe Cross

Kabel ini berbeda dengan kabel straight biasanya di gunakan untuk jaringan point to point atau hub pc ke pc secara langsung tanpa melewati media lain. dan antara urutan kabel pada ujung satu dengan ujung yang lain berbeda.
Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang).
Praktisnya begini, pada ujung pertama Anda bisa susun pinnya sesuai standar untuk yang tipe “straight”, sementara itu di ujung yang lain Anda susun pinnya sesuai standar buat tipe “cross".

0 komentar:

Posting Komentar